Apa itu PayPal? Penjelasan Singkat untuk Pengguna Baru

apa itu paypal tentang paypal

apa itu paypal tentang paypal

Ya, walaupun PayPal sudah cukup populer sebagai jasa keuangan internasional, di tanah air masih terbilang belum banyak yang memahami apa itu PayPal. Beberapa mempertanyakan setelah mereka di hadapkan oleh permintaan pembayaran online melalui PayPal. Akhirnya pertanyaan seperti itu muncul dalam benak mereka.

Di sini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai PayPal agar masyarakat dapat mengenal dan mengetahui PayPal lebih baik. Karena jasa keuangan ini benar-benar sangat dibutuhkan di era industri 4.0 (four point zero)!

Tentang PayPal

PayPal adalah perusahaan jasa keuangan elektronik yang berdiri sejak tahun 2000. Artinya, sejak artikel ini di terbitkan, tepatnya di bulan juli tahun 2021, PayPal sudah berusia 21 tahun. Sebuah perusahaan keuangan yang cukup layak dipercaya melihat betapa PayPal masih berdiri dan terus berkembang hingga sekarang ini.

Sejarah PayPal terbentuk sejatinya hasil dari kerja sama sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, yaitu Confinity dan X.com, yang berlangsung pada tahun 2000. Confinity didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin, sementara X.com didirikan oleh orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, yaitu Elon Musk.

Seiring berjalannya waktu, PayPal semakin diterima oleh masyarakat luar, tidak hanya di Palo Alto, California, Amerika Serikat saja, kota yang menjadi awal berdirinya PayPal, tapi hingga ke seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, PayPal juga mulai diterapkan dalam sistem pembayaran yang berlaku di situs-situs jual beli, contohnya saja eBay.

Akhirnya, melihat semakin banyaknya permintaan agar metode pembayaran dengan PayPal di situs jual beli eBay tersedia, lantas pada tahun 2002 perusahaan ini mengakuisisi PayPal dengan nilai pembelian sebesar 1,5 miliar dolar. Perpindahan nilai saham yang cukup tinggi ini mengakibatkan banyak pesaing utama PayPal gulung tikar, alias tutup. Contohnya saja BidPay milik Wastern Union yang harus menutup layanan pada tahun 2005.

Pada tahun 2006, PayPal mengalami peningkatan transaksi hingga 41% dari tahun ke tahun, jumlah transaksi keuangan yang terjadi di PayPal pada saat itu menyentuh angka 8 miliar dolar. Sungguh sebuah langkah yang tepat dilakukan oleh eBay untuk mengambil kepemilikan saham terbesar di PayPal.

Kenapa Memilih PayPal?

Sebagai pionir jasa keuangan internasional, PayPal sudah diterima oleh banyak pedagang online sebagai alat transaksi keuangan. PayPal juga telah tersedia dalam beberapa layanan bahasa di negara-negara di mana PayPal mendapatkan izin untuk beroperasi, contohnya saja Indonesia. Bagi pengguna PayPal yang ada di tanah air, Anda tidak perlu khawatir, karena PayPal di situs utama mereka wwww.paypal.com sudah tersedia bahasa Indonesia. Sistem penggunaan bahasa ini akan berjalan secara otomatis jika Anda mengakses dari dalam negeri.

PayPal tidak ubahnya dengan dompet-dompet digital yang ada di tanah air, contohnya saja GoPay, OVO, dan DANA. Anda dapat menyimpang uang Anda dengan jaminan keamanan tingkat tinggi bersama PayPal. Buka untuk promosi, tapi pada kenyataannya kredibilitas PayPal sebagai e-wallet tidak perlu dipertanyakan lagi.

Ada 4 (empat) perlindungan yang berlaku untuk pengguna PayPal. Antara lain:

  1. Perlindungan Pembeli: Artinya Anda melakukan pembelian barang ke pedagang dan membayar dengan PayPal. Jika barang yang Anda beli secara online tidak sesuai dengan barang pesanan, PayPal siap membantu Anda untuk menyelesaikan masalah dengan upaya pengembalian dana.
  2. Perlindungan Penjual: Anda sebagai pedagang juga mendapatkan perlindungan yang berlaku di sistem PayPal: Ada sebuah sistem otorisasi atau klaim yang membantu mendapatkan hak penjual secara penuh.
  3. Enkripsi Data: Jangan takut data Anda di salah gunakan di PayPal. Pembuatan situs PayPal sudah dengan perlindungan enkripsi yang mencakup koneksi dan sistem perlindungan HTTPS.
  4. Pencegahan Penipuan: Setiap transaksi keuangan di PayPal dalam pantauan secara langsung untuk mencegah aktivitas kecurangan atau penipuan. Semua akun melalui analisis sehingga kegiatan-kegiatan yang terindikasi ada kecurangan akan langsung di batasi.

Bagaimana, apakah Anda tertarik membuat akun rekening baru di PayPal? Anda yang perlu Anda ketahui di awal, bahwa saat ini Anda hanya bisa melakukan penambahan saldo atau balance PayPal melalui deposit dengan kartu kredit dan membeli langsung ke penjual saldo PayPal seperti kami. Entah apa alasan utama PayPal belum menerima pengisian saldo melalui bank Indonesia. Tapi yang sangat unik buat kami adalah, jika untuk melakukan penarikan saldo PayPal ke bank lokal ini bisa dilakukan dengan beberapa syarat dan ketentuan. Contohnya saja minimal withdraw $100, dan lain-lain.

Semoga kedepan PayPal sudah bisa menerima pengisian saldo secara langsung dari bank lokal seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan yang lainnya, ini mengingat pertumbuhan PayPal di tanah air.

Jika Anda ingin melakukan pendaftaran akun rekening baru di PayPal, jangan lupa untuk membaca artikel kami yang berjudul tips aman transaksi di akun rekening PayPal, karena ada beberapa hal yang harus Anda pahami di awal sebelum nantinya Anda melakukan pendaftaran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *